Hari Pertama Magang

Job Training adalah pengalaman besar yang dapat dirasakan langsung bagi mahasiswa dalam menggali dan mengaplikasikan semua materi yang telah dipelajari semasa perkuliahan. Selain itu Job Training juga menjadi ajang kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk memilih tempat magang yang cocok dengan jiwa dan passion dalam diri. Karena jangan sampe job training disia-siakan hanya dengan bermain-main atau sekedar memenui syarat KRS saja.

Sama halnya dengan saya, sebagai mahasiswa tingkat 6 yang harus melaksanakan job training. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, saya pun ingin melangsungkan job training di sebuah perusahaan yang memiliki program-program humas yang jelas. Karena sebagai seorang mahasiswa jurusan Humas, saya ingin melihat langsung bagaimana kinerja seorang humas serta apa saja program humas yang telah, sedang, atau akan dilakukan dalam sebuah perusahaan.

Sebagai perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, Telkom pasti memiliki program PR yang jelas untuk menjaga image perusahaan dan juga produknya. Maka dari itu saya menunjuk telkom sebagai perusahaan yang dapat memberikan saya pengalaman job training.

Setelah menetapkan pilihan kepada telkom sebagai tempat job training di masa liburan semester, saya berusaha keras untuk mencapai hal tersebut dengan mencari informasi kepada senior dan juga konsultasi ke dosen pembimbing. Saya memang tidak memiliki link di telkom, namun Tuhan memberikan jalan kepada saya yaitu lewat mama saya. Jadi singkat cerita kantor tempat mama saya bekerja memiliki hubungan baik dengan telkom lembong. Saya paham betul bahwa human relations sangat dibutuhkan saat-saat seperti ini. Mama saya melakukan pendekatan sama pegawai-pegawai telkom. 

Akhirnya mama saya dipertemukan oleh Pak Iwa. Beliau adalah seorang yang dipercaya untuk menangani mahasiswa yang ingin job training. Setelah itu saya diminta untuk bertemu langsung dengan beliau dan memberikan surat dari kampus sebagai persyaratan utama mahasiswa job training. Lalu saya menandatangani surat pertanyataan job training dari pihak telkom diatas materai. Sejak saat itulah saya sah menjadi mahasiswa job training Telkom yang akan di tempatkan di Telkom Regional III Jabar dan dapat memulai jobtre pada 27 Juli 2015 hingga 31 Agustus 2015.

FIRST DAY INTERSHIP

Senin, 27 Juli 2015 adalah hari pertama aku melangsungkan job training di Telkom Regional III Jabar (Jl Supratman No 66A). Sesuai dengan persyaratan yang tertulis di surat yang telah saya tantanganin di atas materai, saya diminta datang pukul 08.00 menggunakan pakaian rapih dan sopan. Cukup dengan blue jeans, kemeja kotak-kotak dan flat shoes saya merasa percaya diri untuk melanjutkan langkah saya.

Karena hari ini adalah hari pertama, saya beserta lima rekan yang sama-sama berasal dari Fikom Unpad mendapat pegarahan terlebih dahulu dari pembimbing job training di bagian humas, yaitu Pak Asep Tatang. Beliau memberikan pengarahan perihal tugas-tugas yang harus kita lakukan. Sejauh pengarahan yang beliau berikan sih tidak terlalu berat, karena mahasiswa jobtre periode juli-agustus di bagian humas ada 11 orang jadi semua pekerjaan dapat kita bagi-bagi sehingga tidak terlampau berat.

Sebagai pembimbing kita semua informasi yang diberikan pak Asep Tatang dapat saya pahami. Untuk hari pertama kita disuruh membuat CV, menulis 20 hal yang ingin diketahui dan didapatkan saat magang di telkom, menyebutkan 3 mata kuliah yang disukai, serta tempat atau perusahaan mana yang kamu inginkan ketika lulus. Kita harus menyelesaikan semuanya pada hari itu juga dan dikumpulkan ke pak Asep dalam bentuk hard dan soft copy.

Selain itu beliau memberikan kami tugas rutin yang harus dikerjakan setiap paginya oleh pak Asep, yaitu mengkliping berita dari media massa cetak (kotan) tentang telkom. Kami hanya perlu mengambil koran setiap paginya di lantai satu, lalu menggunting setiap berita mengenai telkom, menempel berita yang telah digunting dalam buku biru, kemudian mengarsipnya ke dalam data. 

Kegiatan relation yang dilakukan perusahaan baik kepada lingkungan sekitar khususnya kepada media menjadi hal yang sangat penting. Karena sebuah hubungan yang baik akan membantu suatu perusahaan untuk tetap eksis berdiri dan berkarya ditengah-tengah masyarkat. Itulah yang dilakukan telkom sebagai perusahaan informasi dan komunikasi yang telah melakukan media relations kepada media lokal maupun nasional dengan sangat baik Hal ini terbukti dari banyaknya koran yang kami terima setiap paginya. Dari setiap koran-koran tersebut pasti saja ada berita mengenai telkom, baik iklan logo telkom atau produk telkom sendiri, berita mengenai kegiatan yang dilakukan telkom, dan masih banyak lainnya.

Karena ini hari pertama belum banyak kegiatan yang kita lakukan, tetapi pak Asep berpesan “kita boleh main-main mencari informasi sebanyak-banyaknya ke lantai lainnya, jangan berkutik hanya di lantai 1 saja”. Beliau memberikan kami pengarahan-pengarahan seputar hal-hal yang dapat kami lakukan. Sekian cerita di hari pertama magangku 🙂 

Tinggalkan komentar